Selasa, 10 Mei 2011

10 Alasan Mengapa Banyak Band Gagal

Seringkali sebagai anak baru dalam dunia nge-Band kita tidak memikirkan akan kelangsungan Band itu sendiri. Bahkan ketika main pun hanya asal-asalan saja, “hajar bleh“. Tapi ketika band mu mentok, baru kita akan menyadari dan saling menyalahkan.

Si – A bilang, “si anu sih, gak disiplin”.

Si – B bilang, “kamu sih mainnya gak bener”. dst…

Lalu bukannya penyelesaian yang didapatkan tapi justru berantem dan bubar. Apakah ini juga terjadi pada band kalian??




Saya dulu juga sering mengalami hal seperti ini, keluar-masuk band sampai bikin band sendiri dan tetap saja ujung-ujungnya “bubar“. Tetapi semua itu malah tidak membuat kapok, justru saya semakin bersemangat. Hingga akhirnya rasa penasaran itu terjawab sedikit demi sedikit dalam pencarian panjang saya.

Bermula ketika ada seorang teman menawarkan kepada saya untuk menjadi manajer band nya. Karena memang kebetulan band itu ingin mengikuti audisi band yang diselenggarakan oleh salah satu produsen rokok besar di Indonesia. Dan salah satu syaratnya adalah harus memiliki manajer sendiri. Sebagai band yang belum punya nama pastilah sulit untuk mencari manajer band profesional. Akhirnya untuk menyingkat waktu, mereka memilih saya sebagai manajer band.

Disinilah saya mulai memiliki pikiran jauh tentang band. Kelak kalau ingin bikin band yang solid saya harus belajar mengelolanya terlebih dahulu. Saya harus tahu bagaimana menata sebuah band agar bisa berkembang. Jadi bisa dibilang band ini adalah Lab buat saya sebelum nantinya membentuk band sendiri yang solid.

Tentu saja impian saya untuk ikut membesarkan band ini gagal juga. Pengalaman pertama sekaligus masih awam dalam dunia manajerial band adalah faktor utamanya. Tetapi kegagalan itulah yang mendorong saya semakin kuat untuk terus mempelajarinya.

Hingga suatu waktu ketika mengantarkan istri ke sebuah Book Store, saya menemukan sebuah tulisan dari Jeffrey A. Macak (President, JMI Publications, USA) yang terjemahan oleh Wenzrawk. Kurang lebih tulisan itu seperti ini :

10 ALASAN MENGAPA BANYAK BAND GAGAL


oleh: Jeffrey A. Macak (President, JMI Publications, USA)


1. Mereka tidak memiliki tujuan
2. Mereka tidak memiliki perangkat menuju kesuksesan
3. Mereka tidak memiliki seseorang untuk memandu karier
4. Mereka menunggu untuk ditemukan
5. Mereka kurang berdedikasi
6. Mereka benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan
7. Mereka lebih banyak punya alasan tidak bisa daripada mereka bisa
8. Mereka tidak memiliki komitmen jangka panjang
9. Mereka tidak serius
10. Mereka tidak berbakat sama sekali


Dari 10 alasan di atas semakin membuktikan bahwa selama ini, apa yang telah dilakukan band-band saya terdahulu ternyata salah. Kami terlalu sibuk memikirkan diri sendiri dan mengesampingkan kebutuhan band agar berkembang.

Jadi menurut hemat saya, sebelum anda membangun sebuah band. Pelajari dulu cara mengelolanya. Bagaimana band anda akan survive. Agar kelak band anda bisa terus berkembang.

Selamat Berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar